Jumat, 28 November 2014

Dampak Politik Terhadap Kerjasama Perdagangan Suatu Negara

      Kali ini saya akan membahas tentang dampak negatif dari konflik politik suatu negara terhadap perdagangan internasional di negara tersebut. Sebelum saya  membahas tentang negara konflik terhadap politik. Saya akan menjelaskan perdagangan internasional itu sendiri.
Perdagangan Internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain.
Melalui perdagangan pula suatu negara bisa menjalin hubungan diplomatik dengan negara tetangga sehingga secara tidak langsung perdagangan juga berhubungan erat dengan dunia politik.
Setelah saya memberikan penjelasan tentang perdagangan internasional agar kita lebih mengerti lagi, saya akan memberikan contoh konflik politik pada satu negara. Dalam hal ini saya mengambil contoh Negara Suriah.
 Suriah merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang memiliki permasalahan politik cukup panas. Hal ini berbatasan dengan Lebanon dan Israel di sebelah barat , Turki di utara , Irak di timur , dan Yordania di selatan . Pesisir Suriah adalah dataran sempit, di belakang yang merupakan berbagai pegunungan pesisir , dan masih lebih jauh ke pedalaman daerah padang rumput . Di timur adalah gurun Suriah dan di selatan adalah Jebel Druze Range.
Di Negara Suriah belakangan ini memiliki permasalahan politik yang cukup panas di karenakan perang saudara di sana sudah berlangsung selama tiga tahun. Konflik tersebut berlangsung pada Maret 2011 hingga Januari 2014, dan menimbulkan korban tewas hingga 136.227 orang.
 Kemudian, sekira 2 juta perempuan dan anak-anak mengalami penderitaan yang sangat mendalam saat berada di tenda pengungsian. Kondisi itu bertambah menyedihkan ketika membaca data dari Syrian Network for Human Right yang menyebutkan antara Desember hingga Mei 2012 sekira 125 perempuan dan dua anak-anak dijadikan sandera dalam konflik.
Kondisi perang di Suriah memang bukan sebuah persoalan yang mudah ditebak waktu akan berakhirnya namun Presiden Suriah Bashar al Assad hingga kini masih bertahan.Negara Suriah saat ini sedang terjadi Pertempuran antara kelompok oposisi dan tentara nasional Suriah masih terus berlangsung di darat, tentara pemerintah menggunakan tank militer yang siap menangkal serangan oposisi.
Pertempuran tidak hanya di darat. Aksi saling serang juga berlangsung melalui udara. Bahkan serangan udara pun tidak mempertimbangkan wilayah sipil.Serangan yang dilancarkan juga menghantam bangunan yang ada di sekitarnya dan masih dilalui warga sipil. Kepanikan pun menjadi pemandangan di wilayah dekat Damaskus.
Dalam penelusuran, kelompok oposisi berhasil menguasai salah satu basis kelompok Assad. Akibatnya baku tembak dari kedua kubu pun tak bisa dihindarkan.Konflik antara pasukan Al Assad dan kelompok oposisi memang belum berakhir. Bahkan belum ada titik perdamaian antara kedua belah pihak.
Akibat perang konflik suriah negara suriah pun merugi hingga 15 miliar dolar AS atau sekitar sebesar 150 Triliun. Perang sipil Suriah menghancurkan banyak basis manufaktur dan infrastruktur. Produksi dan ekspor minyak terhenti. Kerusakan sumber daya manusia semakin parah. 
Mantan Menteri Perencanaan Suriah, Abdullah al-Dardari memperkirakan kerusakan keseluruhan ekonomi Suriah mencapai 60-80 miliar dolar AS. Ia mengungkapkan perekonomian Suriah telah menyusut sekitar 35 persen dibandingkan pertumbuhan 6 persen yang dicapai di lima tahun sebelum konflik di mulai. Ekonomi kehilangan hampir 40 persen dari PBD dan cadangan devisa telah habis. Sehingga para investor menciptakan rasa ketidak percayaan untuk menaru saham di negara tersebut.
sumber : 
  1. http://news.okezone.com
  2. http://hikmat.web.id/sejarah-dunia/sejarah-negara-suriah/
  3. http://www.republika.co.id/berita/internasional/timur-tengah/13/07/01/mp8uur-perang-suriah-rugikan-negara-sebesar-rp-150-triliun
  4. http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/09/04/1644439/AS.Serang.Suriah.Ekspor.Indonesia.Terganggu

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar