Kamis, 30 April 2015

Perilaku Produsen dan Perilaku Konsumen dalam Perekonomian

Kali ini saya akan membahas tentang perilaku produsen dan perilaku konsumen, sebelum membahas saya akan menjelaskan pengertiannya perilaku produsen terlebih dahulu.
      > Produsen
Produsen adalah Orang atau perusahaan yang menjalankan suatu proses produksi. Produsen juga mempunyai hak dan kewajiban. 
      Hak dalam produsen
  • Hak untuk mendapatkan perlindungan hukum dan pembelaan apabila produk yang dijuak tidak terbukti berdampak negativ
  • Hak untuk menuntut konsumen apabila terjadi penipuan alat pembayaran 
  • Hak untuk menuntut konsumen apabila terjadi penipuan alat pembayaran
      Kewajiban dalam produsen
  • Memberikan ganti rugi apabila produk yang dijual berdampak negatif bagi konsumen 
  • Melayani konsumen dengan baik karena " Pembeli adalah Raja " 
  • Memberikann informasi yang benar dan sesuai dengan keadaan produk
     Setelah saya menjelaskan pengertian produsen dan hak serta kewajiban produsen,selanjutnya saya akan menjelaskan perilaku produsen. 
     Perilaku Produsen adalah kegiatan pengaturan produksi sehingga produk yang dihasilkan bermutu tinggi sehingga bisa di terima di masyarakat dan menghasilkan laba.
Seorang produsen mempunyai satu masalah pokok, yaitu bagaimana dengan sumber daya yang terbatas mereka mereka dapat mencapai hasil yang optimal atau keuntungan yang besar. 
     Oleh karena itu laba adalah suatu ukuran keberhasilan bagi produsen. Seorang produsen dituntut untuk bisa membandingkan antara pengorbanan yang dilakukandengan hasil yang didapat.
      Perilaku produsen dalam kegiatan perekonomian
  • Bagi Pemerintah : Produsen merupakan partner untuk menjalankan tugas pemerintah dalam mewujudkan tatanan masyarakat. 
  • Bagi Masyarakat  : Tanggung jawab sosial produsen kepada masyarakat.
      Perilaku produsen dalam kegiatan produksi
  • Perencanaan : Faktual dan realistis, logis dan rasional, fleksibel, 
  • Pengorganisasian : Rencananya dilakukan dalam sebuah dengan cara mengkoordinasi.
  • Pengendalian : Proses pengontrolan yang dilakukan oleh produsen.  
  • Pengarahan :Cara agar produsen bisa melakukan rencana dengan baik.  
     > Konsumen
     Konsumen adalah orang atau badan usaha yang melakukan kegiatan konsumsi. Didalam konsumen terdapat perilaku konsumen diantaranya adalah
  • Menghabiskan nilai guna barang sekaligus
Konsumen juga dapat menghabiskan nilai guna barang sekaligus. Sebagai contoh adalah makan dan minum.
  • Memuaskan kebutuhan rohani
Tidak hanya kebutuhan secara fisik saja tujuan seorang konsumen melakukan kegiatan konsumsi akan tetapi juga untuk memuaskan kebutuhan rohani seperti contohnya ialah membeli kitab suci untuk kebutuhan religiusitas/ rohaninya.
  • Mengurangi nilai guna barang atau jasa secara bertahap
Setiap orang yang melakukan konsumsi akan mengurangi nilai guna barang atau jasa tersebut secara bertahap. Sebagai contohnya ialah seperti memakai pakaian, kendaraan dan sepatu.
  • Memuaskan kebutuhan secara fisik
Seseorang melakukan konsumsi bertujuan untuk mencukupi kebutuhan mereka secara fisik. Kebutuhan tersebut telah dijelaskan pada pembahasan bab sebelumnya. Contohnya ialah mengenakan pakaian yang bagus agar penampilannya bertambah baik.

Selain perilaku konsumen adapula faktor yang mempengaruhi penilaian dan dugaan atau pengharapan konsumen terhadap suatu barang diantaranya iyalah:
  • Komunikasi iklan dan pemasaran
Iklan dan pemasaran dapat mengubah pengharapan Anda terhadap suatu barang. Mungkin saja pengharapan Anda terhadap suatu produk tertentu karena penyajian dan pemasaran yang baik.
  • Pengalaman masa lalu
Pengalaman mengonsumsi produk yang sama atau produk lainnya yang sama fungsinya.
  • Pengalaman dari teman
Teman Anda ada yang pernah mengonsumsi suatu produk sebelum Anda, akan menceritakan kepada Anda kualitas produk tersebut sehingga dapat menambah atau mengurangi penilaian dan pengharapan Anda terhadap produk yang akan Anda konsumsi.
  • Kebutuhan dan keinginan
Jika kebutuhan dan keinginan konsumen besar maka penilaian dan pengharapan konsumen juga besar, demikian pula sebaliknya. Jika kebutuhan dan keinginan kecil maka penilaian dan pengharapan konsumen juga kecil. 
     Demikian penjelasan saya tentang perilaku produsen dan perilaku konsumen,mohon maaf bila ada kata-kata yang salah. Semoga penjelasan saya bermanfaat bagi saya dan teman-teman.
Sumber : http://www.zonasiswa.com

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar