Kamis, 29 Oktober 2015

Ilmu Pengetahuan Bahasa

Kali ini saya akan membahas tentang Ilmu Pengetahuan dan Bahasa, sebelum membahas saya akan menjelaskan pengertian dari Ilmu, Pengetahuan dan Bahasa itu sendiri dan saya akan membahasa satu persatu agar para pembaca bisa memahami arti atau pengertian dari Ilmu, Pengetahuan dan Bahasa.


Ø  Ilmu
Ilmu adalah kumpulan proses kegiatan terhadap suatu kondisi dengan menggunakan berbagai cara, alat, prosedur dan metode ilmiah lainnya guna menghasilkan pengetahuan ilmiah yang analisis, objektif, empiris, sistematis dan verifikatif. Sedangkan pengetahuan (knowledge ) merupakan kumpulan fakta yang meliputi bahan dasar dari suatu ilmu, sehingga pengetahuan belum bisa disebut sebagai ilmu, tetapi ilmu pasti merupakan pengetahuan.
Ilmu mempunyai sifat teoritis yang artinya adalah ilmu pengetahuan yang selalu berusaha untuk menyusun abstraksi dan hasil observasi.
Dan Ilmu juga mempunyai penelitian dan salah satu pengertian penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang didasarkan pada analisis dan konstruksi yang dilakukan secara sistematis, metodologis dan konsisten dan bertujuan untuk mengungkapkan kebenaran sebagai salah satu manifestasi keinginan manusia untuk mengetahui apa yang sedang dihadapinya.
Untuk lebih memahami konstruksi ilmu pengetahuan, maka harus didekati dari ketiga komponen tiang penyangga tubuh pengetahuan yakni ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Ketiga landasan ini saling berkaitan; ontologi ilmu terkait dengan epistemologi ilmu,epistemologi ilmu terkait dengan aksiologi ilmu dan seterusnya.
  • Ontologi : agian dari filsafat dasar yang mengungkap makna dari sebuah eksistensi yang pembahasannya meliputi persoalan-persoalan.
  • Epistemologi : cabang filsafat yang berurusan dengan hakikat dan linkup pengetahuan, pengandaian-pengandaian dan dasar-dasarnya serta pertanggung jawaban atas pernyataan mengenai pengetahuan yang dimiliki. 
  • Aksiologi : ilmu yang mempelajari hakikat dan manfaat yang sebenarnya dari pengetahuan, dan sebenarnya ilmu pengetahuan itu tidak ada yang sia-sia kalau kita bisa memanfaatkannya dan tentunya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan di jalan yang baik pula.
Ilmu mempunyai sifat dinamis yang artinya adalah pendekatan yang positif terhadap kehidupan sehari-hari untuk mencapi keberhasilan yang berguna bagi kehidupan.
Dan ilmu memiliki pemikiran Abstrak yang masih dapat berkembang salah satunya adalah hipotesa dan antitesa :
  • Hipotesa adalah jawaban sementara terhadap masalah yang masih bersifat praduga karena masih harus dibuktikan kebenarannya.
  • Antitesa adalah suatu kontras berimbang yang dibentuk dengan sepasang atau atau beberapa pasang konsep.
Ø  Pengetahuan
Pengetahuan adalah informasi yang telah dikombinasikan dengan pemahaman dan potensi untuk menindaki yang lantas melekat di benak seseorang. pengetahuan memiliki kemampuan prediktif terhadap sesuatu sebagai hasil pengenalan atas suatu pola. Pengetahuan mempunyai sifat Statis yang artinya adalah keadaan diam (tidak bergerak, tidak aktif, tidak berubah keadaannya)
Pengetahuan juga memiliki ilmu pengetahuan yang kongkrit artinya adalah bentuk dan pola-pola objeknya yang nyata, dapat dilihat, didengar, diraba, dan dirasa.
Pengetahuan memiliki sifat aplikatif yaitu memiliki tingkat kemampuan mengembangkan pengetahuan serta pengetahuan juga memliki paca indra yang artinya adalah pengetahuan dapat di lihat oleh mata dan  di dengar oleh telinga serta indra peraba lainnya.
Ø  Bahasa
Bahasa adalah kunci pokok bagi kehidupan manusia di atas dunia ini, karena dengan bahasa orang bisa berinteraksi dengan sesamanya dan bahasa merupakan sumber daya bagi kehidupan bermasyarakat. Bahasa juga mempunyai funsi sebagai alat komunikasi dan sebagai alat informasi.
Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi :
  • Bahasa sebagai alat komunikasi, bahasa merupakan alat untuk merumuskan maksud kita. 
  • Dengan komunikasi, kita dapat menyampaikan semua yang kita rasakan, pikirkan, dan ketahui kepada orang lain. 
  • Dengan komunikasi, kita dapat mempelajari dan mewarisi semua yang pernah dicapai oleh nenek moyang kita dan apa yang telah dicapai oleh orang-orang sejaman kita.
Fungsi bahasa sebagai alat informasi : 
  • untuk menyampaikan informasi timbal-balik antar anggota keluarga ataupun anggota-anggota masyarakat.
Sumber : https://id.wikipedia.org/

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

1 komentar: