Kamis, 26 September 2013

Hubungan Ilmu Sosial & Sistem Informasi

Kemajuan Teknologi sekarang sudah banyak memberikan kegunaan bagi semua lapisan masyarakat, seperti komputer yang banyak digunakan untuk mempermudah dalam kehidupan sehari hari seperti memudahkan dalam pekerjaan dalam kantor, bisnis, transaksi berdagang ataupun transaksi jarak jauh sesuai dengan berkembangnya fasilitas internet.

Dalam aktifitas bisnis, penjualan merupakan pendapatan pokok untuk mendapatkan keuntungan bagi suatu usaha. Maka dari itu penjualan menjadi masalah utama yang harus dipikirkan untuk ditingkatkan setiap saat, salah satu-nya dengan cara meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari kegiatan tersebut. Sehingga penjualan akan semakin baik dan profit perusahaan juga akan meningkat.
Namun sering sekali penjualan harus direpotkan dengan masalah dokumentasi yang dibutuhkan. 

Umumnya Pembeli membutuhkan dokumen seperti Surat Jalan dan Faktur, sedangkan pihak ketiga seperti lembaga pemerintahan (Departemen Pajak) membutuhkan dokumen seperti Faktur Pajak sebagai dokumen yang sah diakui untuk setiap transaksi yang terjadi dalam suatu usaha.

1. Pengertian Ilmu Sosial Dasar

Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang mempelajari tentang masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang terjadi pada masyarakat Indonesia. Seperangkat konsep-konsep dasar dan pengetahuan dasar ilmu-ilmu sosial secara interdisplin atau multidisiplin dipergunakan sebagai alat bagi pendekatan.
 

Tujuan dari Ilmu Sosial Dasar adalah membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dan setiap anggota golongan terpelajar Indonesia, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lainnya.

2. Pengertian Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Atau dengan kata lain, system informasi adalah sekumpulan komponen dari informasi yang saling terintegrasi untuk mencapai tujuan yang spesifik.

3. Keterkaitan Sistem Informasi & Ilmu Sosial Dasar

Hubungan yang dapat diambil antara sistem informasi dan ilmu sosial dasar. Seperti pengaksesan informasi secara online sangat bermanfaat bagi IPTEK. Dalam IPTEK internet menjadi kebutuhan sehari-harinya. Karena melalui internet maka orang bisa mengetahui ilmu pengetahuan yang kita tidak ketahui menjadi tahu. Kemudian manfaat yang lainnya internet bagi IPTEK, yaitu mempelajari teknologi-teknologi yang berkembang saat ini. 

Dan juga bisa membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang tugasnya membuat laporan-laporan lainnya. Pada masa sekarang ini Internet rasanya sudah tidak asing lagi di kehidupan masyarakat pada zaman modern ini. Bahkan pada saat anda membaca tulisan ini, itu berarti anda sudah terhubung dengan internet. Internet sudah dikenal luas oleh kehidupan masyarakat, bahkan di segala aspek masyarakat dan di segala bidang kehidupan manusia.

(sumber : http://dinibe2k.blogspot.com)
(sumber : http://yurizone.wordpress.com)

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar