Senin, 07 Oktober 2013

Manusia Sebagai Makhluk Sosial


    Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, seperti pada proses kelahiran yang merupakan salah satu contoh manusia sebagai makhluk sosial. Saat kita lahir, tentu kita mambutuhkan sosok seorang ibu untuk memperkenalkan dunia baru bagi kita, juga merawat dan membesarkan kita. Secara garis besar, hal tersebut merupakan satu contoh perwujudan kita sebagai makhluk sosial.dalam kehidupan di dunia, setiap makhluk hidup memerlukan interaksi dan komunikasi satu sama lain, khususnya bagi umat manusia. Interaksi dan komunikasi ini sangat diperlukan karena manusia ditakdirkan menjadi makhluk sosial yang tak pernah lepas dari bantuan orang lain.
   
   Oleh karena manusia hidup sebagai mahkluk sosial itulah, disadari maupun tidak, manusia cenderung hidup berkelompok dengan tujuan yang sama, yakni untuk meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan mereka masing-masing. Dalam tujuannya meningkatkan taraf kesejahteraan dan kehidupan manusia, mereka cenderung hidup berkelompok yakni misalnya untuk mewujudkan kebutuhan sosialnya, terciptanya keamanan, ketertiban, keadilan, kenyamanan, kerjasama dan lain sebagainya.
   
   Manusia sebagai Makhluk Sosial Manusia sejak lahir sampai mati selalu hidup dalam masyarakat, tidak mungkin manusia di luar masyarakat.Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa manusia lainnya. Misalnya saja hubungan sosialisasi antar tetangga , dengan adanya interaksi sosial antar tetangga akan mempermudah kita dalam mengatasi masalah di sekitar yang membutuhkan bantuan dari manusia lainnya. Jadi itulah mengapa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial.

Faktor-faktor yang mendorong manusia untuk hidup bermasyarakat:

1. Adanya dorongan seksual, yaitu dorongan manusia untuk mengembangkan keturunan atau jenisnya.
2. Adanya kenyataan bahwa manusia adalah serba tidak bisa atau sebagai makhluk lemah.karena itu ia selalu mendesak atau menarik kekutan bersama, yang terdapat dalam perserikatan dengan orang lain.
3. Karena terjadinya habit pada tiap-tiap diri manusia. Manusia bermasyarakat karena ia telah biasa mendapat bantuan yang berfaedah yang diterimanya sejak kecil dari lingkungannya.
4. Adanya kesamaan keturunan, kesamaan territorial, nasib, keyakinan/cita-cita, kebudayaan, dan lain-lain.

Alasan manusia dikatakan sebagai makhluk sosial adalah :

1.  Manusia tunduk pada aturan juga norma sosial
2.  Perilaku manusia mengharapkan suatu penilaian dari orang lain
3.  Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain
4.  Potensi manusia akan berkembang bila ia hidup ditengah-tengah manusia

Contoh Peranan Manusia Sebagai Mahluk Sosial:

1.Norma agama atau religi adalah norma yang sumber nya dari Tuhan.
2.Norma Kesusilaan yaitu suatu norma yang sumber nya dari hati nurani manusia yang berperilaku kebaikan dan kejahatan.
3.Norma kesopanan yaitu aturan-aturan yang sumber berasal dari masyarakat atau dari lingkungan masyarakat.
4.Norma Hukum yaitu norma yang dibuat masyarakat secara resmi yang dapat diberlakukan secara paksa.

Kesimpulan

Sebagai manusia yang tergolong makhluk sosial jangan suka meremahkan orang lain atau beranggapan bahwa "Saya bisa hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain" karena kalimat itu merupakan kalimat buat orang-orang yang tidak mengenal dirinya sendiri dan tidak mengenal orang lain bahkan tidak mengenal dunia luar karena sifatnya yang egois dan terlalu angkuh untuk mendapatkan banyak teman dan banyak kasih sayang dari orang-orang lain bahkan dari orang disekelilingnya.

Sumber : http://anwarabdi.wordpress.com

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar