Kamis, 05 September 2013

Menjaga Keamanan Anak Dari Kejahatan Dunia Maya

Internet dapat menjadi tempat yang tidak baik bagi anak anda. Langkah yang harus anda lakukan adalah menjaga keamanan anak anda dari kejahatan dunia maya. Di dunia maya, begitu banyak situs yang tidak pantas dibuka putra-putri kecil anda. 

Usahakan untuk menemani mereka selagi browsing untuk tugas sekolahnya. Jika memang diperlukan, block beberapa situs yang harus dihindarinya. Times of India memberikan beberapa nama situs, di antaranya:

* Facebook
Dengan lebih dari miliaran pengguna, Facebook merupakan situs jejaring sosial terpopuler. Tapi apakah situs ini baik bagi anak Anda?

“Saya khawatir terhadap anak di bawah usia 13 tahun,”

“Hal ini berlainan dengan sistem pelayanan, dan anak muda berinteraksi dengan mereka yang lebih tua akan menempatkan mereka risiko untuk konten yang tidak pantas untuk usia mereka,” ditambahkan Gwen.

* Txtspoof
Txtspoof merupakan situs untuk mengirimkan pesan teks yang akan memunculkan nomor teleponnya pada nomor si penerima. Gwen menyarankan Moms untuk mengajarkan anak untuk lebih bijaksana dengan caranya mengirimkan pesan.

* Chatroulette
Situs ini merupakan tempat berkumpulnya orang asing dari berbagai dunia, dengan fitur video chat yang bermanfaat untuk mempersingkat jarak mereka, tapi kenyataannya, situs ini dinyatakan sebagai “surganya para pemangsa”.
 
Gwen O’Keeffe, penulis buku CyberSafe: Protecting and Empowering Kids in the Digital World, mengatakan, Chatroulette telah menelurkan beberapa nama yang harus diwaspadai Moms, di antaranya JayDoe, Zupyo dan CamCarousel.

* JuicyCampus
Situs tempat berkumpulnya mahasiswa atau mahasiswi, sering membuat anak tergoda untuk membukanya.

“Dan dari sini kita bisa melihat 10 daftar gadis nakal dan orang terbodoh di kampus. Hal ini sangat-sangat tidak pantas,” 



Dunia internet juga bisa menjadi sangat baik dimana anak-anak dapat memberikan kreativitas dan imajinasi. Agar terhindar dari buruknya dunia internet, ada beberapa cara untuk mencegah kejahatan dunia maya;

*  Mengaktifkan Google Safe Search
Google Safe Search adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk menghindari penggunaan negatif dari internet terutama terhadap anak-anak menghindari penggunaan negatif dari internet terutama terhadap anak-anak.

* Mode Perlindungan Youtube: Safety Mode
Tidak hanya pada web browser saja,pada Youtube juga anda dapat melakukan hal yang sama seperti yang anda lakukan pada web browser Google. Fitur video YouTube yang tidak mendidik dapat diaktifkan dan di nonaktifkan. 
Hal ini untuk mencegah video tertentu yang muncul ketika anda melakukan sebuah pencarian video. Tentunya dengan menyaringvideo, anak-anak anda dapat mencari video apapun tanpa melihat hal-hal yang tidak seronok dan berbau pornografi.

* Aktifkan Yahoo Safe Search
Yahoo juga sebenarnya memiliki modus Safe Search. Namun, anda harus beberapa langkah untuk merubah pengaturannya. Langkah yang perlu anda lakukan tidaklah begitu sulit juga, anda mungkin hanya perlu log-in. 
Nah untuk melakukan perubahan tersebut, anda sebagai pengguna Yahoo hanya perlu pergi ke Preferensi Pencarian. Setelah memilih, anda dapat memilih opsi ini:

* Menyaring Web dewasa, video dan hasil pencarian gambar- Safe Search On 

* Menyaring video dewasa dan hanya hasil pencarian gambar saja - Safe Search On 
* Jangan menyaring hasil (hasil mungkin berisi konten dewasa) - Safe Search Off
 
Yahoo Safe Search juga memungkinkan anda untuk mengaktifkan fitur kunci, sehingga bisa sangat mudah untuk menjaga anak-anak anda dari hal-hal jahat yang ada di dunia maya. Anda juga dapat melihat beberapa tips keselamatan lainnya pada halaman yahoo ini.

* Bingsafe
Bagi anda yang kurang memahami dengan baik mengenai penggunaan Bing, ada cara untuk menjaga anak anda dari hal buruk di web. Yang perlu anda lakukan adalah masuk ke Preferences Bing dan anda dapat menetapkan peraturan pencarian anda ke Off secara ketat atau sedang. Selain itu anda juga dapat mengunci beberapa situs agar tidak dapat dibuka menggunakan akun anda sendiri.

* Kesimpulan
Kejahatan dunia maya harus kita hadapi bersama.Anak selalu akan menemukan cara untuk masuk ke hal yang baru dan membuatnya penasaran. Namun itu bukan berarti kita tidak bisa melindungi mereka dalam mengeksplorasi rasa penasaran mereka. 
Anda dapat menemukan cara yang inovatif untuk mengajar anak anda tentang Cybersafety. Untuk saat ini banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga anak kita terjauh dari hal yang tidak bauk. Akan tetapi kejahatan itu tidak pernah tidur. Oleh karena itu kita harus bisa lebih siaga setiap saat demi menjaga buah hati anda terhindar dari kejahatan.

(sumber : http://portal.paseban.com) 
(sumber : www.orde-baru.blogspot.com)

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar