Kali ini saya akan membahas tentang Struktur Pasar, sebelum
membahas saya akan menjelaskan pengertiannya. Struktur Pasar adalah karakteristik organisasi pasar yang
mempengaruhi sifat kompetisi dan harga di dalam pasar.
- Pasar Persaingan Sempurna
struktur pasar
yang ditandai oleh jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak.
Ciri-ciri
Pasar Persaingan Sempurna di antaranya:
- Harga ditentukan oleh pasar.
- Barang yang diperjualbelikan sejenis.
- Tidak ada campur tangan pemerintah.
- Banyak penjual dan pembeli.
- Penjual maupun pembeli memiliki informasi yang lengkap tentang pasar.
Ada pun kelemahan
dari Pasar Persaingan Sempurna :
- Biaya produksi bisa lebih tinggi.
- Persaingan sempurna ada kalanya menimbulkan biaya sosial.
- Distribusi pendapatan tida selalu merata.
- Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi.
- Membatasi pilihan konsumen.
- Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar
persaingan tidak sempurna adalah kebalikan dari pasar persaingan sempurna yaitu
pasar yang terdiri atas sedikit penjual dan banyak pembeli. Pada pasar ini
penjual dapat menentukan harga barang. Barang yang diperjualbelikan jenisnya
heterogen (berbagai jenis barang). Pasar persaingan tidak sempurna mempunyai
beberapa bentuk pasar.
- Pasar Oligopoli
Pasar
oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu
barang tertentu, sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa
memengaruhi harga. Contoh:
- perusahaan menjual mobil dan sepeda motor.
- perusahaan rokok.
- industri telekomunikasi.
- perusahaan semen.
Ciri-ciri
Pasar Oligopoli di antaranya:
- Kemungkinan ada penjual lain untuk masuk pasar masih terbuka.
- Peran iklan sangat besar dalam penjualan produk perusahaan.
- Hanya terdapat sedikit penjual, sehingga keputusan dari salah satu penjual akan memengaruhi penjual lainnya.
- Produk-produknya berstandar.
- Pasar Persaingan Monopolistis
struktur
pasar yang sangat mirip dengan persaingan sempurna tetapi yang membedakan
dengan pasar persaingan sempurna ialah bahwa pada pasar ini produsen mampu
membuat perbedaan-perbedaaan pada produknya
( differensiasi produk ) dibandingkan produsen lain.
Ciri-ciri
Pasar Persaingan Monopolostis di antaranya:
- Pengetahuan konsumen dan produsen tentang pasar, tidak sempurna.
- Mempunyai kemampuan untuk mengendalikan harga yang mungkin disebabkan karena perusahaan mampu mendeferensiasikan produknya dari produk pesaingnya–produk merupakan closed substitute, tapi tidak sempurna.
- Banyak perusahaan dalam industri, memperebutkan sejumlah konsumen yang sama.
- Persaingan promosi penjualan sangat aktif.
- Ada diferensiasi product.
Sumber :
http://verdiverdian.blogspot.com
:i
BalasHapus