Sabtu, 04 April 2015

Struktur Pasar Dalam Perekonomian

Kali ini saya akan membahas tentang Struktur Pasar, sebelum membahas saya akan menjelaskan pengertiannya. Struktur Pasar adalah karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi dan harga di dalam pasar.
  • Pasar Persaingan Sempurna
struktur pasar yang ditandai oleh jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak.
Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna di antaranya:
  1. Harga ditentukan oleh pasar.
  2. Barang yang diperjualbelikan sejenis.
  3. Tidak ada campur tangan pemerintah.
  4. Banyak penjual dan pembeli.
  5. Penjual maupun pembeli memiliki informasi yang lengkap tentang pasar.
Ada pun kelemahan dari Pasar Persaingan Sempurna :
  1. Biaya produksi bisa lebih tinggi.
  2. Persaingan sempurna ada kalanya menimbulkan biaya sosial.
  3. Distribusi pendapatan tida selalu merata.
  4. Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi.
  5. Membatasi pilihan konsumen.
  • Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna adalah kebalikan dari pasar persaingan sempurna yaitu pasar yang terdiri atas sedikit penjual dan banyak pembeli. Pada pasar ini penjual dapat menentukan harga barang. Barang yang diperjualbelikan jenisnya heterogen (berbagai jenis barang). Pasar persaingan tidak sempurna mempunyai beberapa bentuk pasar.
  • Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi harga. Contoh:
  1. perusahaan menjual mobil dan sepeda motor.
  2. perusahaan rokok.
  3. industri telekomunikasi.
  4. perusahaan semen.
Ciri-ciri Pasar Oligopoli di antaranya:
  1. Kemungkinan ada penjual lain untuk masuk pasar masih terbuka.
  2. Peran iklan sangat besar dalam penjualan produk perusahaan.
  3. Hanya terdapat sedikit penjual, sehingga keputusan dari salah satu penjual akan memengaruhi penjual lainnya.
  4. Produk-produknya berstandar.
  • Pasar Persaingan Monopolistis
struktur pasar yang sangat mirip dengan persaingan sempurna tetapi yang membedakan dengan pasar persaingan sempurna ialah bahwa pada pasar ini produsen mampu membuat perbedaan-perbedaaan  pada produknya ( differensiasi produk ) dibandingkan produsen lain.
Ciri-ciri Pasar Persaingan Monopolostis di antaranya:
  1. Pengetahuan konsumen dan produsen tentang pasar, tidak sempurna.
  2. Mempunyai kemampuan untuk mengendalikan harga yang mungkin disebabkan karena perusahaan mampu mendeferensiasikan produknya dari produk pesaingnya–produk merupakan closed substitute, tapi tidak sempurna.
  3. Banyak perusahaan dalam industri, memperebutkan sejumlah konsumen yang sama.
  4. Persaingan promosi penjualan sangat aktif.
  5. Ada diferensiasi product.
Sumber : http://verdiverdian.blogspot.com

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

1 komentar: